Berbicara di depan umum adalah keterampilan yang dapat dipelajari oleh siapa saja. Anda hanya perlu berlatih dan bersabar dengan diri Anda sendiri saat Anda mengembangkan keterampilan Anda. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda akan menjadi lebih baik dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips untuk berbicara dengan lancar di depan umum:

Banyak berlatih.

  • Semakin banyak Anda berlatih, Anda akan merasa semakin percaya diri.
  • Berlatihlah dengan seorang teman. Mintalah mereka untuk memberikan umpan balik yang jujur tentang bagaimana menurut mereka Anda melakukannya dan apa yang mereka sarankan untuk Anda tingkatkan.
  • Berlatih di depan cermin atau webcam sehingga Anda dapat melihat diri Anda berbicara dan melihat di mana letak kekurangan kepercayaan diri Anda. Anda bahkan mungkin ingin merekam diri Anda sendiri saat berbicara sehingga nantinya, ketika berlatih lagi, tidak ada ruang untuk keraguan diri tentang seberapa baik atau buruknya persiapan Anda untuk berbicara di depan umum dalam bahasa Inggris, karena hal ini hanya akan menghambat kemajuan Anda dan mempersulit Anda untuk meningkatkan diri dengan mencegah diri Anda untuk mencoba lagi di lain waktu!
  • Dapatkan umpan balik dari orang-orang yang tahu tentang berbicara di depan umum (orang tua, guru, dll.)

Rekam diri anda sendiri dan kemudian dengarkan rekamannya.

Untuk menjadi pembicara publik yang efektif dalam bahasa Inggris, anda harus memiliki pengucapan yang baik. Itu berarti anda perlu berbicara dengan jelas dan memastikan bahwa kata-kata anda mudah dipahami oleh orang yang tidak mengetahuinya dengan baik.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pelafalan anda adalah dengan mendengarkan dengan cermat diri Anda sendiri saat merekam diri anda sendiri saat berbicara bahasa Inggris. anda dapat melakukannya dengan menggunakan mikrofon smartphone atau laptop dan aplikasi perekaman, tetapi jika anda tidak ingin orang lain mendengar suara anda saat berbicara (dan kami tidak akan menyalahkan siapa pun yang memiliki kekhawatiran itu!), ada pilihan lain:

  • Cari tempat yang tenang, di mana orang lain di sekitar anda tidak akan mendengar apa yang terjadi dengan suara yang terdengar seperti pemutar kaset rusak.
  • Tanyakan kepada orang lain di dekat anda, apakah mereka tidak keberatan mendengarkan percakapan dan memberikan umpan balik tentang seberapa baik anda berbicara atau dapat dimengerti ketika berbicara dengan suara keras selama periode ini, di mana semuanya berjalan lancar-atau tidak begitu lancar!

Gunakan gerakan tubuh.

  • Gunakan gerakan tubuh.
  • Gerakan tubuh membantu Anda tetap fokus dan terlibat dengan audiens, jadi gunakanlah gerakan tubuh saat berbicara di depan umum.
  • Gerakan tubuh dapat membantu Anda mengingat apa yang Anda katakan, yang akan mempermudah penyampaian pidato Anda dengan lancar juga.
  • Gerakan tubuh juga dapat membantu mengendurkan otot-otot Anda dan mencegah kegugupan menghalangi nada santai selama presentasi atau pidato.

Senyum!

Tersenyum membantu Anda rileks. Ingatlah bahwa Anda sedang berbicara dengan sekelompok orang yang ada di sana untuk saling mendukung dan menyemangati, jadi tersenyumlah! Anda akan merasa lebih nyaman dan para hadirin juga akan merasa lebih nyaman. Tersenyum juga merupakan cara yang bagus untuk mencairkan suasana dengan audiens sebelum melanjutkan pidato Anda.

Berbicara dengan jelas.

  • Bicaralah dengan jelas.
  • Gunakan jumlah penekanan yang tepat pada kata-kata.
  • Hindari bergumam atau cadel.
  • Hindari penggunaan kata-kata pengisi seperti ‘um’ dan ‘like’.

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, kuncinya adalah latihan. Anda dapat membaca semua tentang berbicara di depan umum dalam bahasa Inggris dan menghafal apa yang harus dikatakan, tetapi jika Anda tidak mempraktikkannya dengan lantang, maka itu tidak akan cukup bagi Anda untuk berbicara dengan lancar. Jadi cobalah tips ini dan lihat apakah mereka membantu!