Belajar bahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia. Namun terkadang, sulit untuk menemukan motivasi yang Anda butuhkan untuk terus belajar. Jika Anda mencari sesuatu yang baru dan menarik, kami punya beberapa ide bagus di sini.

Anda tidak akan pernah salah dengan yang klasik.

Anda tidak akan pernah salah dengan buku klasik. Membaca buku adalah cara yang bagus untuk belajar bahasa Inggris dan memperluas kosakata Anda, serta menikmati diri Anda sendiri saat membaca sesuatu yang menarik. Buku selalu tersedia dan Anda dapat membawanya ke mana saja, jadi buku sangat cocok untuk Anda gunakan saat Anda ingin bersantai atau saat Anda bepergian. Ditambah lagi, buku adalah sumber informasi yang akan membantu Anda belajar tentang budaya dan pengalaman orang yang berbeda. Setelah Anda menemukan buku yang paling menarik minat Anda (atau memiliki ulasan yang bagus), kunjungi saja perpustakaan atau toko buku setempat dan bacalah! Anda bisa membaca di lokasi mana pun sesuai keinginan Anda – di mana pun, mulai dari di bus atau kereta bawah tanah hingga di tempat tidur sebelum tidur!

Kadang-kadang Anda tidak membutuhkan kelas sama sekali.

Terkadang Anda tidak memerlukan kelas sama sekali. Ini adalah beberapa cara paling efektif untuk belajar bahasa kedua:

  • Belajar bahasa Inggris secara online. Ada banyak sumber daya di luar sana, tetapi saya sangat merekomendasikan Duolingo dan Memrise sebagai dua pilihan yang bagus untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris pada waktu mereka sendiri dan dengan cara mereka sendiri.
  • Belajar bahasa Inggris dari film, acara televisi, buku, majalah, koran dan sumber tertulis lainnya. Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari kata-kata baru karena memaksa Anda untuk memikirkan bagaimana kata-kata tersebut digunakan dalam kalimat sehingga otak Anda akan menyerapnya lebih mudah daripada jika Anda hanya menghafalnya dengan menghafal saja!
  • Mendengarkan musik atau menonton film dengan teks terjemahan (teks terjemahan membantu Anda memahami apa yang dikatakan) – ini juga merupakan cara mudah bagi anak-anak yang belajar bahasa lain di sekolah serta orang dewasa yang menginginkan sesuatu yang menyenangkan saat mereka belajar! Bonusnya di sini: mendengarkan memungkinkan kita para siswa berkesempatan tidak hanya melatih keterampilan mendengarkan kita, tetapi juga meningkatkan keterampilan kosakata dan pengucapan kita juga! Ditambah lagi, hal ini memberikan kita para pelajar kesempatan lain untuk meningkatkan keterampilan tata bahasa kita melalui pengulangan.”

Temukan tutor yang hebat.

Untuk menemukan tutor yang baik, Anda harus melakukan riset. Ada dua hal yang harus Anda cari dalam diri seorang tutor:

  • Seorang guru yang hebat yang pandai dalam apa yang mereka lakukan dan dapat mengajari Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang belajar bahasa Inggris dari awal. Anda mungkin ingin bertanya apakah guru tersebut memiliki pengalaman bekerja dengan orang dewasa atau anak-anak sebelum mendaftar untuk pelajaran.
  • Orang yang luar biasa yang sabar dan baik hati, seseorang yang akan membuat pembelajaran menyenangkan bagi Anda dan memastikan bahwa Anda memahami apa yang diajarkan. Orang ini juga harus mampu menjelaskan konsep-konsep yang sulit dengan jelas sehingga bahkan pemula pun dapat memahaminya dengan mudah tanpa merasa frustrasi dengan materi yang membingungkan.

Dan akhirnya:

  • Label harga yang terjangkau! Lagipula, ada hal yang lebih penting daripada menghabiskan banyak uang untuk layanan bimbingan belajar, padahal uang yang dihemat bisa digunakan untuk hal-hal lain – seperti membeli lebih banyak buku atau bepergian keliling dunia (atau keduanya!). Jika harganya tampak terlalu tinggi setelah membaca beberapa ulasan, maka mungkin pertimbangkan untuk beralih penyedia layanan sampai ada sesuatu yang datang yang dapat dijangkau saat ini.”

Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris tetapi tidak yakin bagaimana caranya, kami harap tips ini akan membantu. Ada begitu banyak pilihan di luar sana! Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang atau waktu untuk belajar sendiri-Anda dapat menemukan tutor yang hebat atau menjadi sukarelawan di sekolah bahasa Inggris di luar negeri. Bagian terbaiknya adalah banyak dari metode ini gratis atau murah dan tidak memerlukan kelas sama sekali (meskipun kami merekomendasikan untuk menemukannya jika memungkinkan).